Tema dua subtema dua Bekerjasama mencapai tujuan untuk kelas vi sekolah dasar terdiri dari beberapa mata pelajaran. Matematikaa membahas tentang mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan derajat. IPA membahas tentang mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. PKn membahas tentang menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah soal evaluasi tema dua subtema dua kelas vi kurikulum 2013.
Gotong Royong
Peluh membasahi seluruh tubuhnya. Kaosnya mulai basah oleh keringat. Bongkahan-bongkahan batu besar berserakan menjadi kepingan-kepingan kecil ditimpa ayunan besi dari para warga desa. Batu-batu yang berserakan itu kemudian berjajar rapi membentuk barisan yang tampak bagaikan sungai yang berliku membelah hijaunya hamparan hutan dan perkebunan di desa.
Warga desa Kenongo kecamatan Gucialit hari ini sedang bergotong royong membangun jalan di desa mereka. Mereka sepakat secara swadaya membangun jalan untuk mempermudah kehidupan warga. Dengan kecintaan akan desanya serta semangat persatuan, mereka bergotong royong berbagi tugas untuk mewujudkan jalan desa impian mereka. Sebagian warga bertugas menyiangi rumput yang masih tersisa, sebagian lagi bergantian memecah batu dan menyusunnya di sepanjang jalanan yang telah terbuka.
Waktu makan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh para warga. Mereka bersama-sama menggelar daun pisang dan menikmati masakan yang telah disiapkan oleh para ibu di dapur umum. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan semangat persatuan dan kerja sama para warga desa.
Jawab pertanyaan berikut!
- Apa yang dilakukan oleh warga desa Kenongo? Bergotong royong membangun jalan desa.
- Bagaimana nilai-nilai persatuan warga desa tersebut? Mereka bergotong royong berbagi tugas untuk mewujudkan jalan desa impian mereka.
- Bagaimana hubungan antara kemerdekaan dengan kegiatan warga desa tersebut? Jelaskan! Kegiatan warga desa membangun jalan desa merupakan bentuk warga negara dalam melaksanakan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.
- Apakah tujuan mereka tercapai? Jelaskan! Mereka berhasil membangun jalan dengan cara gotong royong.
2. Tuliskan kembali cerita tersebut dalam bentuk ringkasan!
Warga desa Kenongo Kecamatan Gucialit bergotong royong membangun jalan desa mereka. Mereka bergotong royong berbagi tugas untuk mewujudkan jalan desa impian mereka. Sebagian warga ada yang memecah batu menjadi pecahan-pecahan kecil, ada yang menyiangi rumput, dan menyusun batu-batu di sepanjang jalan. Saat makan mereka menggelar daun pisang dan menikmati makanan oleh para ibu di dapur umum. Semangat persatuan mereka mampu mencapai tujuan membangun sebuah jalan.
Temukan besar sudut berikut tanpa menggunakan busur!
Besar sudut a = sudut a sudut dalam sepihak jumlahnya 180° sehingga a = 180° - 119° = 61°
Besar sudut b = sudut b sudut sehadap besarnya sama yaitu 131°
Besar sudut c = sudut c sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 120°
Besar sudut d = sudut d sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 106°
Besar sudut e = sudut e sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 51°
Besar sudut f = sudut f sudut sehadap sama besarnya yaitu 59°
Besar sudut g = sudut g sudut sehadap sama besarnya yaitu 79°
Besar sudut h = sudut dalam sepihak sepihak jumlahnya 180° sehingga h = 180° - 125° = 55°
Besar sudut j = sudut dalam sepihak sepihak jumlahnya 180° sehingga j = 180° - 105° = 75°
Besar sudut m = sudut m berseberangan dengan n sehingga m = 103°
Besar sudut n = sudut n sudut berpelurus jumlahnya 180° sehingga n = 180° - 77° = 103°
Besar sudut p = sudut p sudut bertolak belakang dengan q sehingga p = 138°
Besar sudut q = sudut p sudut luar sepihak sehingga q = 180° - 42° = 138°
4. Ceritaku tentang sudut
- Buatlah soal cerita tentang sudut dalam kehidupan sehari-hari.
- Tukarlah soal cerita yang telah kamu buat untuk dijawab oleh temanmu.
- Periksa jawaban temanmu dan diskusikan bersama!
Gambar Hewan | Sistem Adaptasi | |
---|---|---|
Bentuk paruh | Paruh itik seperti sudu dan pangkal bergerigi berguna untuk menyaring makanan dari air dan lumpur. | |
Bentuk kaki | Fungsi ciri khusus bebek memiliki kaki berselaput adalah memudahkan bebek dalam berenang. | |
Jenis makanan | Hewan kecil | |
Tempat hidup | Air | |
Bentuk paruh | Paruh ayam pendek, tebal, runcing, dan tajam sesuai dengan makanannya yaitu hewan kecil dan biji-bijian | |
Bentuk kaki | Jari kaki panjang berguna untuk mengais maknan yang ada di dalam tanah. | |
Jenis makanan | Biji-bijian | |
Tempat hidup | Darat |
a. Adakah hubungan antara bentuk bagian tubuh dengan jenis makanan serta tempat hidupnya? Jelaskan! Bebek memiliki paruh seperti sudu karena mencari makanan dalam air dan lumpu, ayam memiliki paruh pendek, tebal dan runcing sesuai makanannya yaitu biji-bijian dan hewan kecil. Bebek memiliki kaki berselaput karena biasanya mencari makan dalam air, ayam memiliki jari kaki panjang untuk mengais makanan dalam tanah.
b. Simpulkanlah apa fungsi dari sistem adaptasi hewan! Sistem adaptasi hewan berguna untuk menyesuaikan diri dengan tempat hidupnya dan untuk mencari maknan.