Berdasarkan wujudnya, zat dapat dibedakan menjadi tiga yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas.
Ayo Berdiskusi
Aneka Wujud Benda sebagai Anugerah Tuhan
Benda diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam wujudnya. Pernahkah kamu membayangkan jika wujud benda hanya satu? Apa yang akan terjadi? Setiap benda mempunyai sifat dan fungsinya masing-masing. Kamu telah mempelajari benda dan sifatnya. Coba lengkapilah bagan berikut ini.
Ayo Mengamati
Lakukan secara berkelompok. Pilihlah satu tempat untuk melakukan pengamatan. Perhatikan benda-benda yang ada di tempat tersebut! Catatlah benda-benda yang ditemukan pada tabel berikut!
Tabel Pengamatan
Lokasi Pengamatan: Ruang Perpustakaan
Benda yang Diamati:
Ayo Menulis
Tuliskan dalam bentuk cerita tentang wujud benda di sekitarmu! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!
Manfaat Benda Beraneka Wujud
Suatu hari Dayu berkunjung ke rumah Siti. Dayu ingin belajar tentang wujud benda bersama Siti. Siti menjelaskan bahwa kita dapat menemukan berbagai macam benda di lingkungan sekitar. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas.
Setelah mendengarkan penjelasan dari Siti, Dayu menanyakan tentang manfaat keragaman wujud benda. Siti menjelaskan bahwa benda-benda yang berada disekitar kita dibuat dari bahan yang disesuaikan dengan kegunaannya. Kita harus bersyukur Tuhan menciptakan benda- benda dengan beragam wujudnya. Dengan wujud yang berbeda, aneka benda di alam saling melengkapi.
Misalnya saja dalam membuat sebuah bangunan, kita memerlukan campuran batu bata, pasir, semen, dan air agar batu bata dapat merekat dengan kuat. Batu bata tidak akan dapat merekat dengan kuat tanpa semen, dan semen tidak akan jadi perekat yang baik tanpa air.
Ayo Berlatih
Siti sedang memperhatikan timbangan untuk menimbang bayi. Semua timbangan berwujud benda padat. Apakah kamu pernah melihat timbangan selain berwujud benda padat?
Ada beberapa satuan massa yang sehari-hari disebut berat. Seperti kilogram (kg), gram, dan ons. Ketiga satuan ini saling berhubungan. Lakukanlah percobaan berikut! Percobaan menimbang dengan timbangan kue! Perhatikan berat benda 1 kg dan 1.000 gram! Apakah benda tersebut menunjukkan berat yang sama?
Perhatikan gambar di atas!
Tentukanlah satuan berat yang tepat!
Ayo Mencoba
Mari berlatih menimbang badan! Gurumu telah menyiapkan timbangan badan. Lakukan secara berkelompok. Langkahnya sebagai berikut.
Ayo Mengamati
Lani sering membantu ayahnya menjaga toko. Lani membantu ayah menimbang bahan-bahan makanan.
Orang tua Lani cukup berada. Namun, Lani anak yang sederhana. Hidup sederhana adalah hidup yang sesuai dengan kebutuhan. Hidup yang tidak berlebihan dalam menggunakan harta.
Diskusikan dengan teman di kelompokmu! Lingkari kata-kata berikut yang sesuai dengan hidup sederhana.
Jelaskan pilihanmu di depan kelas! Mengapa sikap sederhana penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Tuliskan pendapatmu!
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu! Diskusi tentang contoh sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari! Tuliskan dalam bentuk cerita pada kolom berikut!
Pola hidup sederhana tidak hanya berlaku di lingkungan rumah, tetapi harus pula diterapkan di sekolah. Beberapa contoh perilaku menunjukkan pola hidup sederhana di sekolah, antara lain :
Pilihlah cerita dari anggota kelompokmu yang dinilai paling bagus. Cerita yang menggambarkan hidup sederhana. Sampaikan hasilnya di depan kelas!
Ayo Berlatih
Kamu telah belajar tentang sikap sederhana. Kemudian, renungkan pernyataan berikut. Jawablah pernyataan berikut dengan jujur! Beri tanda centang ( √) sesuai jawabanmu.
Ayo Berdiskusi
Aneka Wujud Benda sebagai Anugerah Tuhan
Benda diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam wujudnya. Pernahkah kamu membayangkan jika wujud benda hanya satu? Apa yang akan terjadi? Setiap benda mempunyai sifat dan fungsinya masing-masing. Kamu telah mempelajari benda dan sifatnya. Coba lengkapilah bagan berikut ini.
Ayo Mengamati
Lakukan secara berkelompok. Pilihlah satu tempat untuk melakukan pengamatan. Perhatikan benda-benda yang ada di tempat tersebut! Catatlah benda-benda yang ditemukan pada tabel berikut!
Tabel Pengamatan
Lokasi Pengamatan: Ruang Perpustakaan
Benda yang Diamati:
No. | Nama Benda | Bahan Pembentuk | Wujud | Fungsi Benda |
---|---|---|---|---|
1. | Kursi | Kayu | Padat | Sebagai tempat duduk |
2. | Rak Buku | Kayu | Padat | Sebagai tempat menyimpan buku |
3. | Tempat Sampah | Plastik | Padat | Sebagai tempat membuang sampah |
4. | Buku | Kertas | Padat | Sumber ilmu pengetahuan |
5. | Meja | Kayu | Padat | Tempat membaca dan menulis |
6. | Peta | Kertas | Padat | Menunjukan lokasi suatu tempat |
7. | Komputer | Plastik/Besi | Padat | Pengolah informasi |
Ayo Menulis
Tuliskan dalam bentuk cerita tentang wujud benda di sekitarmu! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!
Manfaat Benda Beraneka Wujud
Suatu hari Dayu berkunjung ke rumah Siti. Dayu ingin belajar tentang wujud benda bersama Siti. Siti menjelaskan bahwa kita dapat menemukan berbagai macam benda di lingkungan sekitar. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas.
Setelah mendengarkan penjelasan dari Siti, Dayu menanyakan tentang manfaat keragaman wujud benda. Siti menjelaskan bahwa benda-benda yang berada disekitar kita dibuat dari bahan yang disesuaikan dengan kegunaannya. Kita harus bersyukur Tuhan menciptakan benda- benda dengan beragam wujudnya. Dengan wujud yang berbeda, aneka benda di alam saling melengkapi.
Misalnya saja dalam membuat sebuah bangunan, kita memerlukan campuran batu bata, pasir, semen, dan air agar batu bata dapat merekat dengan kuat. Batu bata tidak akan dapat merekat dengan kuat tanpa semen, dan semen tidak akan jadi perekat yang baik tanpa air.
Ayo Berlatih
Siti sedang memperhatikan timbangan untuk menimbang bayi. Semua timbangan berwujud benda padat. Apakah kamu pernah melihat timbangan selain berwujud benda padat?
Ada beberapa satuan massa yang sehari-hari disebut berat. Seperti kilogram (kg), gram, dan ons. Ketiga satuan ini saling berhubungan. Lakukanlah percobaan berikut! Percobaan menimbang dengan timbangan kue! Perhatikan berat benda 1 kg dan 1.000 gram! Apakah benda tersebut menunjukkan berat yang sama?
Perhatikan gambar di atas!
- Gambar 1 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 10 ons
- Gambar 2 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 1.000 gram
- Gambar 3 menunjukkan bahwa 1 ons sama dengan 100 gram
Tentukanlah satuan berat yang tepat!
- Berat badan Udin adalah 30 kg.
- Ibu membeli telur seberat 1 kg.
- Berat cincin ibu adalah 3 gram.
- Gula pasir yang dibutuhkan untuk membuat kue adalah 250 gram.
- Ibu memerlukan bawang seberat 100 gram untuk memasak.
Ayo Mencoba
Mari berlatih menimbang badan! Gurumu telah menyiapkan timbangan badan. Lakukan secara berkelompok. Langkahnya sebagai berikut.
- Timbanglah berat badan seluruh anggota kelompokmu secara bergiliran.
- Catat hasilnya di dalam tabel.
- Urutkan berat badan mulai dari yang teringan hingga yang terberat.
No. | Nama Siswa | Berat Badan |
---|---|---|
1. | Lani | 31 |
2. | Edo | 33 |
3. | Udin | 40 |
4. | Dayu | 37 |
5. | Beni | 44 |
6. | Siti | 28 |
Ayo Mengamati
Lani sering membantu ayahnya menjaga toko. Lani membantu ayah menimbang bahan-bahan makanan.
Orang tua Lani cukup berada. Namun, Lani anak yang sederhana. Hidup sederhana adalah hidup yang sesuai dengan kebutuhan. Hidup yang tidak berlebihan dalam menggunakan harta.
Diskusikan dengan teman di kelompokmu! Lingkari kata-kata berikut yang sesuai dengan hidup sederhana.
Jelaskan pilihanmu di depan kelas! Mengapa sikap sederhana penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Tuliskan pendapatmu!
Hidup sederhana membawa banyak manfaat bagi manusia. Hidup sederhana mengajarkan seseorang untuk rendah hati, menggunakan secukupnya, mau berbagi, cermat dan disiplin. Dengan demikian kebutuhan hidup tercukupi dengan baik.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu! Diskusi tentang contoh sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari! Tuliskan dalam bentuk cerita pada kolom berikut!
Pola hidup sederhana tidak hanya berlaku di lingkungan rumah, tetapi harus pula diterapkan di sekolah. Beberapa contoh perilaku menunjukkan pola hidup sederhana di sekolah, antara lain :
- Wajar saja dalam berpakaian, sesuai dengan pakaian seragam sekolah yang telah ditentukan.
- Tidak memamerkan kekayaan orang tua di depan teman-temannya.
- Memiliki peralatan sekolah yang sewajarnya.
- Tidak menghamburkan uang untuk hal yang tak perlu.
- Bila ada jam pelajaran kosong karena gurunya berhalangan, waktu yang kita miliki sebaiknya dimanfaatkan untuk belajar mandiri.
- Tenggang rasa bila ada teman yang kurang mampu.
Pilihlah cerita dari anggota kelompokmu yang dinilai paling bagus. Cerita yang menggambarkan hidup sederhana. Sampaikan hasilnya di depan kelas!
Ayo Berlatih
Kamu telah belajar tentang sikap sederhana. Kemudian, renungkan pernyataan berikut. Jawablah pernyataan berikut dengan jujur! Beri tanda centang ( √) sesuai jawabanmu.
No. | Pernyataan | Setuju | Ragu-Ragu | Tidak Setuju |
---|---|---|---|---|
1. | Saya telah mengerti arti hidup sederhana. | √ | - | - |
2. | Saya telah menerapkan hidup sederhana. | - | √ | - |
3. | Keluarga saya telah menerapkan hidup sederhana. | - | √ | - |
4. | Saya merasa nyaman dengan hidup sederhana. | √ | - | - |
5. | Saya akan menerapkan sikap hidup sederhana. | √ | - | - |